10 Acara Tahunan di Bali yang Dinantikan Wisatawan

10 acara tahunan di bali yang dinantikan wisatawan

10 acara tahunan di Bali yang dinantikan wisatawan – Berlibur bersama keluarga, pasangan, teman-teman maupun pergi berlibur sendiri ke pulau Bali adalah hal menyenangkan yang dapat anda nikmati. Selain pesona Bali yang sangat menggoda, ada 10 acara tahunan di pulau ini yang tidak boleh anda lewati. Dari hari Raya Nyepi hingga Sanur Village Festival, Bali menjadi tuan rumah di acara-acara tahunan spesial ini dan anda patut menghadiri sekaligus menikmati keindahan pulau Dewata ini sambil berlibur melepas penat setelah bekerja sepanjang hari.

Berikut adalah 10 acara tahunan di Bali yang dinantikan wisatawan :

1. Nyepi

Dikenal sebagai Hari Raya Nyepi, Tahun Baru bagi umat Hindu di Bali ini menawarkan kesempatan yang unik untuk menikmati hari yang sunyi atau sepi dimana penduduk setempat bermeditasi dan membersihkan semangat mereka. Turis atau wisatawan yang sedang berada di Bali pada saat Hari Raya Nyepi ini juga dianjurkan untuk tetap berada di dalam penginapan mereka. Malam sebelum Nyepi berlangsung, ada parade ogoh-ogoh yang merupakan perayaan yang menarik dengan menampilkan pameran seni dan teknik.

Nyepi sendiri mengikuti kalender saka Bali berbasis bulan, yang tanggalnya berubah setiap tahun. Hari Raya Nyepi tahun 2020 akan berlangsung pada 25 Maret.

2. Bali Spirit Festival

Dari tanggal 24 hingga 31 Maret, Ubud menjadi tuan rumah festival yoga tahunan yang berfokus pada komunitas global. Ada tarian, musik dunia, dan kesejahteraan bagi wisatawan dan juga para penduduk lokal. Selain itu ada zona aktivitas anak-anak dan berbagai kelas yoga yang dapat di ikuti oleh para pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga:10 Rekomendasi Homestay di Ubud Bali

3. Festival Makanan Ubud

10 acara tahunan di bali yang dinantikan wisatawan Ubud food festival

Pada 26-28 April, ada acara lainnya juga di Ubud yaitu Ubud Food Festival yang telah dimulai dari lima tahun yang lalu dan telah menjadi salah satu acara makanan paling populer di Indonesia di mana para pengunjung yang hadir di acara itu dapat menikmati berbagai budaya kuliner, makanan lokal, serta restoran terkemuka yang turut berpartisipasi dalam event tahunan ini.

Baca juga:5 Homestay Murah di Daerah Ubud Bali

4. Bali Arts Festival

Bali Arts Festival yang menyajikan acara kreatif dan artistik di Denpasar ini akan berlangsung saty bulan penuh, dari 16 Juni hingga 14 Juli. Dengan waktu yang cukup lama ini, anda akan dibuat lebih leluasa untuk melihat semua pameran yang menampilkan aspek tradisional dan kontemporer dari budaya Bali.

5. Festival Seni Tanah Lot

Setelah Art Festival usai, anda juga akan segera disuguhi dengan acara baru lainnya di Tanah Lot yang dijadwalkan pada tanggal 20 Juli. Acara ini akan menampilkan pertunjukan pembukaan tarian sakral Rejang Sandat Ratu Segara yang menampilkan 1800 penari. Acara sebelumnya telah berhasil mencetak rekor MURI sebagai pertunjukan kolosal.

6. Festival Desa Sanur

Kemudian satu bulan setelahnya yakni dari tanggal 21 hingga 25 Agustus, merupakan saat yang paling di tunggu bagi para pecinta seni, kuliner, budaya, serta pecinta lingkungan untuk dapat bergabung dalam Sanur Village Festival. Berbagai program yang di lakukan dalam acara tersebut antara lain adalah kegiatan ramah lingkungan seperti menanam karang dan spesies tanaman eksotis yang hampir punah, fashion show serta pameran fotografi. Selain itu ada juga turnamen memancing, tur bersepeda dan acara ramah keluarga seperti melukis tubuh, juga permainan di pantai.

7. Festival Layang-layang Bali

Empat hari kemudian yaitu pada 29 Agustus langit Bali akan penuh dengan layang-layang terbang yang berwarna-warni dari segala bentuk dan ukuran. Acara ini sebenarnya adalah untuk berterima kasih kepada para dewa atas panen dan kesuburan yang melimpah. Anda dapat menyaksikan pesta layang-layang ini di pantai atau anda pun dapat berpartisipasi untuk mengikutinya juga dan menguji kemampuan anda menerbangkan layang-layang.

8. Ubud Writers & Readers Festival

Oktober adalah bulan di mana lebih dari 150 penulis dan juga seniman, penulis, pemikir, dan juga para pembaca dari seluruh dunia akan menghabiskan waktu lima hari di Ubud dari 23 hingga 27 Oktober untuk berpartisipasi dalam dialog lintas budaya. Setiap tahun nya, festival ini juga menghadirkan tema tertentu yang akan mengarah pada diskusi dan pertunjukan yang sangat menarik.

9. Bali International Triathlon

Biasa diadakan pada bulan Oktober, acara olahraga di Bali ini mengundang para atlet Indonesia dan juga atlet internasional untuk bergabung dan berpartisipasi dalam triathlon. Kegiatan berenang pada saat matahari terbit, lalu bersepeda, dan diikuti dengan balap jalan melalui desa ini akan menjadi olahraga yang menyenangkan khususnya bagi anda yang menggemari olahraga semacam ini.

10. Upacara Tarian Perang Pandan

Sebuah ritual tahunan untuk menghormati Dewa Indra dan termasuk sebagai Tradisi kuno ini menyajikan tarian perang yang disebut makre-kare atau megeret pandan di mana para penduduk laki-laki di desa tua Tegangan di Kabupaten Karangasem ini melakukan duel atau berperang dengan ramah yang di beri senjata perisai rotan kecil di satu tangan dan sebungkus daun pandan berduri di tangan lainnya.

Dengan keunikan dan berbagai acara yang menarik di Bali, tentu nya akan sangat menyenangjkan bagu anda untuk berlibur bersama keluarga dan menikmati budaya Bali yang kaya.

Baca juga:5 Homestay Murah di Area Kuta Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*