Chinese Style, Gaun Tradisional yang Semakin Modern

“Chinese Style”

Cina atau Tionghoa merupakan negara yang sangat terkenal akan budayanya yang unik dimana selalu ada unsur seni di setiap elemennya.

Fashion untuk wanita, terkenal dengan sebuah istilah ‘Cheongsam’ yang merujuk pada arti pakaian panjang. Nama Cheongsam ini diambil dari dialek warga Guangdong yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Namun didaerah lain seperti Beijing, pakaian tradisional ini justru disebut sebagai Qipao.

Pada awal perkembangan bangsa Manchu yang masih didalam pemerintahan Dynasty Qing, wanita-wanita bangsa Manchu mulai mengenakan pakaian Qipao.
Sekalipun kekuasaan dari bangsa Manchu ini hanya sebentar saja, namun tradisi untuk mengenakan pakaian Qipao ini tetap bertahan hingga saat ini.
Dari sinilah awal dari perkembangan pakaian tradisional bangsa Cina.

Kepopuleran dari Cheongsam mungkin dikarenakan design nya yang begitu fleksibel sehingga bisa digunakan untuk menghadiri berbagai acara yang santai ataupun formal sekalipun.

Baju ini juga sangat menunjukkan aspek kesederhanaan serta kerapihan bagi penggunanya.
Untuk pembuatannya sendiri tergolong tidak terlalu sulit.

Model baju Cina (Tionghoa) sangat terkenal dengan penggunaan warna merah. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat Cina bahwa warna merah bisa mendatangkan sebuah keberuntungan dan juga kesejahteraan.

Seiring dengan perkembangan dunia fashion, Cheongsam juga sudah menggunakan warna-warna lain seperti hitam, putih, biru, dan lain-lain.

Originally posted 2019-02-05 13:30:54.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*