Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui – Mungkin bagi yang bukan pecinta olahraga terutama bukan pecinta sepakbola khususnya persepakbolaan inggris sangat asing mengenal Stan Kroenke. Kroenke sendiri merupakan pemilik dari tim sepakbola asal london yaitu Arsenal FC. Namanya mulai banyak dibicarakan saat dia membeli saham Arsenal dari Milyarder Russia Alisher Usmanov dan menjadi pemilik mayoritas dari tim Arsenal FC di tahun 2018 kemarin

Kroenke sendiri lahir dari keluarga kaya raya, ayahnya adalah seorang pengusaha sukses yang bergerak di bidang perusahaan kayu di Kansas. Hidup dari keluarga kaya tidak membuat Kroenke muda menjadi anak muda kaya yang manja, Ayahnya bahkan menyuruhnya memulai karir menjadi tukang sapu di salahsatu perusahaan milik ayahnya

Namun sebagai pengusaha, dia di awal karir bisnisnya terkenal justru sebagai pengusaha real estate yang sukses, kemudian dari kesuksesannya di bidang real estate mulai beranjak ke bisnis Sports dengan mendirikan Kroenke Sports & Entertainment

Dari semua fakta singkat di atas, berikut adalah Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui :

Memiliki tim di semua cabang olahraga. Dari Sepakbola, Basket hingga Esports!

Kroenke Sports & Entertainment sendiri sudah berdiri dari tahun 1999 dan kini sudah memiliki tim olahraga hampir di semua bidang olahraga. Dimulai dari membeli Franchise tim-tim olahraga di Denver Colorado, kemudian Los Angeles hingga membeli tim sepakbola di London. Berikut cabang-cabang olahraga yang dimiliki oleh Kroenke :

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui
LA Rams,NFL Super Team

American Football. Kroenke memiliki tim super elite di cabang olahraga ini yaitu Los Angeles Rams yang bermain di NFL. LA Rams jika disepakbola ibarat Manchester City atau PSG. Yaitu tim yang pemiliknya suka berfoya-foya membeli pemain bintang mahal untuk bermain di LA Rams.

LA Rams di tahun 2019 sukses menembus Superbowl yang mana sudah 17 tahun lamanya Rams tidak pernah menembus Superbowl. Namun sayang belum berhasil menjadi juara.

Basketball. Di NBA Basketball Kroenke memiliki tim yang sudah dimilikinya dari tahun 2000 yaitu Denver Nuggets. Berbeda dengan LA Rams yang berdomisili di Kota Metropolitan Los Angeles, Nuggets merupakan tim small market yang berdomisili di kota kecil Denver.

Dari segi prestasi Denver Nuggets tergolong tim baru yang belum memiliki prestasi di NBA. Namun di tahun 2019 dengan pemain-pemain muda berbakatnya Seperti Jokic dan Murray berhasil meraih peringkat 2 di West Division yang mana membuat Nuggets menjadi tim yang sangat menjanjikan di NBA

Soccer. Seperti dijelaskan di awal paragraph, Kroenke kini menjadi pemilik mayoritas dari tim EPL Arsenal FC. Banyak yang menganggap Kroenke terlalu menganak tirikan Arsenal jika dibandingkan dengan LA Rams. Padahal dua tim tersebut sama-sama memiliki fan base yang besar dan sama-sama berdomisili di kota Metropolitan. Yang satu di Los Angeles dan yang satu di London,

Di Musim 2018/2019 berhasil menyentuh final Liga Eropa namun sayang dikalahkah cukup tragis oleh tim singa biru dari London lainnya yaitu Chelsea FC. Di Musim 2019/2020, Kroenke mulai banyak dipuji karena aktivitas transfernya Arsenal dibandingkan dari tahun sebelumnya yang tergolong pelit.

Selain Arsenal FC. Kroenke juga memiliki tim sepakbola lainnya yang bermain di MLS USA yaitu Colorado Rapids

ESports. Kroenke sadar jika ada perputaran uang yang besar di cabang Esports sehingga dia ikut membentuk tim Esports yaitu LA Gladiators yang bermain di cabang Overwatch. Tim ini baru dibentuk di tahun 2018 kemarin dan sudah berhasil menyentuh Perempat final di kompetisi OWL.

Selain LA Gladiators, Kroenke juga memiliki tim esports yang bermain di cabang Call of Duty namum hingga kini masih belum memiliki nama yang cocok untuk timnya.

Others. Selain cabang-cabang olahraga diatas, Kroenke juga memiliki tim di cabang Ice Hockey (Colorado Avalanche) yang bermain di NHL dan juga tim di cabang Box Lacrosse (Colorado Mammoth) yang bermain di NLL.

Merupakan Bagian dari Walton Family. Keluarga terkaya di USA

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui

Walton Family adalah keluarga yang memiliki jaringan Walmart. Jaringan Supermarket terbesar di USA. Jika di Indonesia layaknya seperti Indomaret atau Alfarmart digabung bersama. Sehingga Walmart bisa memonopoli penjualan retail di USA sana. Jadi tidak heran jika Walton Family tercatat di Forbes sebagai Keluarga terkaya di USA sana dengan sumber pemasukan utama Walton Family adalah dari Walmart dan sumber-sumber bisnis lainnya dari masing-masing anggota keluarga.

Kroenke sendiri sebenarnya tidak lahir dari Walton Family, namun dia menikahi Ann-Walton yang merupakan anak dari salahsatu pendiri Walmart yaitu James “Bud” Walton. Saat James Walton meninggal dunia pada tahun 1995, sang istri mendapatkan warisan luar biasa besar serta kepemilikan saham yang juga besar di Walmart.

Baca Juga : 10 Hal Buruk yang dilakukan Arsenal dalam 15 tahun terakhir

Kroenke sendiri sebelum mengenal Ann-Walton sudah menjadi pengusaha Real Estate kaya raya yang berasal dari keluarga pengusaha kayu yang kaya raya pula. Saat Ann-Walton mendapatkan warisan dari ayahnya secara otomotatis pundi kekayaan Kroenke juga meningkat secara drastis pula.

Kroenke sendiri sekarang masih terhitung sebagai 200 orang terkaya di dunia di tahun 2019 versi majalah Forbes bahkan sempat masuk di daftar 60 orang terkaya dunia di 2018 kemarin,

Jika melihat background keluarga dari Kroenke seperti itu, sayangnya Arsenal FC justru memiliki tingkat angka penjualan Jersey yang sangat kecil di USA sana dibandingkan tim-tim EPL lainnya, bahkan kalah oleh rival sekotanya Tottenham Hotspur dan juga Chelsea FC yang ownernya tidak memiliki pengaruh sama sekali di USA sana

Padahal dengan memanfaatkan jaringan retail Walmart di USA yang sudah sangat besar bisa lebih mengoptimalkan angka penjualan Jersey Arsenal disana. Namun sayang angka penjualan Jersey Arsenal hanya laris di daerah Colorado Denver sana yang merupakan markas utama Kroenke Sport & Entertainment

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui
Arsenal hanya populer di daerah Colorado, padahal jaringan Walmart sangat besar dan kuat di USA sana. Source : Soccer.com

Memiliki SuperYatch Jubilee. SuperYatch terbesar yang pernah diciptakan di Netherlands

Kroenke di tahun 2018 dengan mengejutkan mampu membeli Superyatch mewah dari Emir of Qatar (Pemimpin pemerintahan Qatar) saat itu dengan harga hingga 300 Juta dollar. Jubilee sendiri merupakan Yatch terpanjang dengan panjang 110 meter yang pernah diciptakan di Netherland (Negara pembuat kapal nomor 1 di dunia)

Superyatch Jubilee tidak hanya terbesar namun juga masuk dalam 10 Yatch termewah yang ada di dunia, di dalam list tersebut juga ada SuperYatch milik Abramovich dan SuperYatch milik Syeikh-Syeikh kaya dari timur tengah lainnya.

Kapasitas Jubilee sendiri dapat menampung 31 Tamu terhormat dengan 16 kabin di dalamnya, plus 6 kabin staff, dan juga dapat menampung hingga 39 pekerja di dalamnya. Terhitung sangat besar sebagai kategori SuperYatch yang digunakan untuk kepentingan pribadi seperti party dan sebagainya.

Selain SuperYatch Jubilee, Kroenke beserta istrinya Ann-Walton juga memiliki SuperYatch lainnya bernama Aquila yang bernilai sebesar 150 juta dollar yang dibelinya di tahun 2010 silam.

Membeli Rumah Supermewah milik David Beckham di Los Angeles

Fakta Stan Kroenke yang mungkin Gooners belum ketahui
Rumah Historical David Beckam di LA terbeli oleh Stan Kroenke. Source : Variety.com

Kroenke sendiri adalah seorang pengusaha Real Estate, dia sudah menaksir lama property milik David Beckham dari tahun 2016 dan baru berhasil terbeli setelah melalui negoisasi yang lama dengan harga 33 Juta Dollar di tahun 2018.

Rumah yang berada di kawasan elit Beverly Hills ini sudah ditempati sangat lama oleh David Beckham semenjak Beckham pindah ke LA Galaxy dari tahun 2007 lalu. Itu artinya rumah tersebut sudah di tempati oleh Beckham selama 10 tahun lebih sehingga memiliki nilai historis tersendiri.

Kroenke sendiri tergolong sangat aktif berada di Los Angeles mengingat dia memiliki tim elite LA Rams disana, Dengan terbelinya property milik David Beckham ini, menambah daftar property mewah milik Kroenke lainnya di Beverly Hills. Seperti Kondo mewah seharga 11 Juta dollar di Beverly Hills

Kroenke sendiri sebelumnya saat berada di Los Angeles lebih sering menempati rumah yang berada di daerah Malibu sana, tepatnya di atas persis tempat paling sensasional di Malibu yaitu Paradise Cove.

Anak- Anak Kroenke lainnya pun juga diketahui memiliki property di Los Angeles. Josh Kroenke memiliki mansion di daerah Hollywood Hills seharga 15 juta dollar.

Baca juga : Ruangan Penting di dalam Stadion Nasional Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*