Ide Masakan Hari Ini: Tumis Kacang Panjang Tempe

aandzee.com • Ide Masakan Hari Ini: Tumis Kacang Panjang Tempe – Sering kali, kita merasa kehabisan ide dan bahkan bingung mau masak apa hari ini bukan?

Generic Banner

Selain itu, kita juga kadang punya keinginan untuk makan makanan yang cukup berbeda dari menu biasanya. Namun bila terus-terusan begitu, kita juga akan sampai pada titik bosan dan kembali ke siklus awal yaitu : masak apa hari ini?

Aku sendiri nggak terlalu picky soal makanan, sepertinya aku adalah tipe campuran dari herbivora, omnivora, karnivora sekaligus karena aku makan sayuran, daging ayam dan bisa dibilang pemakan semua dehh.. Hahaha aku bisa makan masakan apa saja tapi khusus untuk golongan daging, aku hanya makan daging ayam. Untuk daging sapi maupun daging kambing, aku tidak memakannya karna emang dari kecil nggak suka.

Saat cukup bosan dengan berbagai olahan daging ayam, aku jadi lebih sering masak sayuran untuk makan siang sehari-hari. Dan sebagai penyuka pedas, aku selalu menambahkan cabai di setiap masakanku.

Nah.. Aku dapat ide masakan hari ini: tumis kacang panjang tempe. Aku emang suka sama kacang panjang ini karna rasanya yang cukup unik.

Resep kacang panjang tempe ini juga mudah banget cara masaknya dan yang nggak ketinggalan, waktu memasak nya juga sangat cepat dan bahan yang di gunakan juga simpel.

Untuk resep aneka daging ayam, bisa cek beberapa resep ini :
Resep Ayam Saus Mentega Tanpa Bumbu Ulek
Resep Ayam Udang Asam Manis
Resep Ayam Panggang Pedas dan Lezat
Resep Ayam Bakar Kecap
Resep Sate Ayam Lezat
Resep Ayam Goreng Gurih Krispi
Resep Ayam Bumbu Kuning Sederhana
Resep Opor Kuning Mudah dan Lezat

Dengan keefisienan dari menu masakan ini, aku selalu masak sesaat sebelum benar-benar akan menyantapnya karna cepet banget prosesnya. Dimakan sama nasi hangat udah mantap banget deh.. Biasanya aku juga nyediain kerupuk karna akan tambah yummy saat makan nasi hangat bersama tumis kacang panjang tempe di sertai kerupuk putih yang gurih renyah.

Ohya.. Hal yang cukup penting adalah jangan lupa untuk memasak nasi terlebih dahulu! Yupzz.. Ini harus di inget dan nggak boleh sampai lupa.

Nggak lucu banget donk yaa jika masakan enak ini udah mateng karna cepat sekali proses masaknya, pas udah mau makan ehh malah nasinya belum mateng. Big No! dehh yaa..

Aku selalu masak nasi dulu sebelum mulai potong-potong bahannya biar nggak lupa. Hehehe
Pernah donk aku masak udah mateng dan pas mau makan ternyata nasi nya belum di colokin ke listrik!

Perut yang tadinya lapar pengin makan segera malah jadi badmood hanya karna nasi belum ada. Ahh memang yaa urusan perut dan rasa lapar itu bisa bikin emosi.. Makanya masak nasi mendingan di lakukan pertama.

Aku pakai rice cooker Turbo nihh.. Dengan pancinya yang anti lengket, nasi juga jadi cepat matang dan merata. Selain itu rice cooker ini juga ada tombol On/Off nya. Jadi nggak usah ribet cabut dan colokin ke listrik karna kita hanya perlu menekam tombol On/Off nya saja.
Nggak akan ada lagi kasus lupa nyolokin ke listrik dehh sekarang!

Ide Masakan Hari Ini: Tumis Kacang Panjang Tempe

Okay dehh.. berikut ini adalah resep dan dan cara masak tumis kacang panjang tempe ala aandzee :

Bahan :
• 1 Ikat Kacang Panjang
• 1 Tempe
• 5 Butir Bawang Merah
• 5 Siung Bawang Putih
• 5 Buah Cabai Keriting Merah
• 5 Buah Cabai Rawit Merah
• Minyak Goreng (secukupnya)
• Gula Pasir (secukupnya)
• Garam (secukupnya)
• Penyedap/Masako Ayam (secukupnya)
• Kecap Manis (secukupnya)
• Air (secukupnya)

Cara Membuat :

  1. Potong kancang panjang 2-3cm, cuci bersih
  2. Potong tempe korek api dengan panjang 2-3cm lalu di goreng setengah matang
  3. Cuci bersih cabai dan bawang merah putih lalu iris tipis
  4. Siapkan wajan dan minyak untuk menumis bawang merah putih sampai agak layu, masukkan irisan cabai, aduk sebentar hingga agak layu dan masukkan kacang panjang. Oseng sampai layu
  5. Masukkan tempe yang telah di goreng tadi, aduk rata lalu tambahkan garam, gula pasir, penyedap, dan juga kecap manis. Aduk hingga tercampur semuanya lalu tambahkan sedikit air. Biarkan mendidih dan air terserap. Koreksi rasa. *ohya jangan terlalu banyak menuang kecap manis yaa karna sudah ada gula pasir juga agar tidak kemanisan.
  6. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat dan juga kerupuk putih yang gurih!
Ide Masakan Hari Ini: Tumis Kacang Panjang Tempe

Selamat Makan Siang semoga kenyang! 😀

Baca juga nihh resep lainnya yang bisa kamu jadikan varian menu masakan untuk besok atau lusa :
Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela
Resep Telur Balado Enak dan Mudah
Resep Kepiting Pedas Manis

Sampai jumpa di resep sederhana ala aandzee lainnya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*