Istilah Dalam Masak-Memasak yang Perlu Anda Ketahui

Istilah Dalam Masak-Memasak yang Perlu Anda Ketahui

aandzee.com • Istilah Dalam Masak-Memasak yang Perlu Anda Ketahui – Hal-hal yang berkaitan dengan dapur dan masak-memasak terkadang membuat sebagian orang menjadi bingung karena belum faham atau belum mengetahui beberapa istilah maupun singkatan-singkatan yang ada dalam dunia memasak maupun membuat kue-kue atau baking.

Singkatan yang umum di gunakan misalnya sdm yang berarti sendok makan, atau sdt (sendok teh), tentu sudah banyak dari kita telah mengetahuinya karena singkatan ini sudah sangat umum di gunakan dalam berbagai resep masakan.

Nyatanya, tepung terigu saja memiliki beberapa perbedaan yang kegunaan nya juga menjadi berbeda-beda seperti cocok untuk membuat kue, roti, pastry, maupun membuat mie.

Nah berikut ini adalah beberapa istilah dalam masak-memasak yang perlu Anda ketahui agar tidak salah saat membeli bahan untuk hasil makanan yang sempurna :

Sdm: Sendok makan.

Sdt: Sendok teh / sendok kecil.

SKM: Susu Kental Manis.

BP: Baking Powder. BP berfungsi untuk pengembang kue-kue seperti bolu, cake, cupcake, dan lain sebagai nya.

Ragi instan: Biasanya juga di kenal dengan nama Fermipan, Ragi instan ini fungsi nya sebagai pengembang adonan kue.

Ovalet: Ovalet ini merupakan pelembut dan penstabil supaya adonan dapat tercampur secara sempurna dan tidak turun ketika di kocok .

Baking Soda: Juga disebut dengan soda kue, baking soda digunakan untuk pengembang kue yang nantinya dapat menimbulkan rongga ketika adonan kue di kukus, di panggang maupun di goreng.
Salah satu kue yang menggunakan soda adalah martabak manis.

DCC: Adalah singkatan dari Dark Chocholate Compound atau lebih di kenal sebagai cokelat batang.

TBK: Adalah singkatan dari “Toko Bahan Kue”

Oven: Lebih dikenal sebagai alat pemanggang kue meskipun oven juga bisa di gunakan untuk memanggang makanan lain. Ayam panggang misalnya. Ini sih tergantung jenis oven nya juga.. Hehehee

No Oven: Karena oven identik dengan panggang-memanggang, No Oven artinya pembuatan kue tidak dengan atau tidak menggunakan oven.

No Mixer: Mengocok adonan tanpa menggunakan mixer. Jadi bisa dikocok manual menggunakan kocokan biasa.

BolKus: Ya benar! BolKus adalah singkatan dari Bolu Kukus.

ML: Mili Liter. Biasanya ukuran ini untuk mengukur air maupun susu.

Susu UHT: Susu cair. Contohnya adalah Ultra Milk.

Susu Evaporated: Evaporated Milk ini merupakan susu cair yang kadar airnya sudah di kurangi atau di luapkan, sehingga teksturnya menjadi lebih kental serta rasa susunya lebih pekat. Warna dari susu evaporated ini adalah krem, bukan putih seperti susu cair biasanya.

Tepung Terigu Protein Tinggi: Tepung terigu ini adalah tepung terigu yang mengandung 14% protein. Biasanya tepung terigu protein tinggi digunakan untuk membuat roti dan mie. Contoh tepung terigu protein tinggi adalah merk Cakra Kembar. Tepung terigu protein tinggi ini cocok untuk membuat donat, kue sus, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mi instan, mi basah, mi kering, martabak telur, dan juga roti goreng.

Tepung Terigu Protein Sedang: Tepung terigu ini mengandung 13% protein. Tepung terigu protein sedang ini cocok untuk membuat aneka makanan seperti bolu, brownies, cake pisang, martabak manis, muffin, kue bulan, croissant, puff pastry, danish, bapia, pastel,kroket, risoles, dan lain-lain. Contoh tepung terigu protein sedang adalah merk Segitiga Biru.

Tepung Terigu Protein Rendah:
Selain tepung terigu dengan protein tinggi dan sedang, ada juga tepung terigu protein rendah karena mengandung 10% – 11,5% protein. Tepung terigu protein rendah adalah merk Kunci Biru. Tepung terigu protein rendah ini cocok untuk membuat biskuit, kue kering, crackers, black forest, cake coklat, lapis legit, lapis surabaya, chiffon cake, pie, sponge cake, waffle, crepes, pancake, kue cubit, dan juga untuk membuat kerupuk.

Mentega Tawar: Mentega Tawar adalah mentega yang memiliki rasa tawar dan tidak diberi garam.
Umumnya ditulis unsalted butter pada kemasannya

Mentega Putih: Mentega putih ialah mentega dengan bentuknya yang padat, rasanya tawar dan berwarna putih. Mentega putih ini jauh lebih padat atau keras dibanding kan dengan mentega biasa karena kadar airnya jauh lebih sedikit. Rasanya juga tidak gurih seperti mentega yang terbuat dari susu. Umumnya mentega ini digunakan untuk membuat biskuit, pastry, dan merupakan bahan dasar pembuatan butter cream.

Bread Improver/Baker`s Bonus: Bread improver ini adalah bahan yang bisa membantu meningkatkan kualitas roti sehingga membuat serat roti menjadi halus, menghasilkan volume dan kulit roti yang bagus, memperpanjang umur simpan roti serta mempercepat proses fermentasi.

Icing Sugar: Gula icing ialah gula bubuk yang sudah ditambahi zat antikepal sehingga lebih kering dan gula ini tidak menggumpal. Tekstur dari icing sugar ini juga lebih halus butirannya dan tidak semanis gula bubuk sehingga cocok digunakan untuk campuran butter cream atau di gunakan untuk taburan donat.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lembut
Cara Membuat Donat J.Co ala Rumahan
Sate Donat Karnaval untuk Acara Ulang Tahun Anak

Brown Sugar: Brown sugar ini merupakan campuran antara gula putih dengan molasses. Ada dua jenis brown sugar yaitu ; light dan dark.

Softcream: Soft Cream ini adalah krim campuran yang biasa digunakan untuk membuat buttercream. Bentuk dan baunya mirip dengan mentega, warna nya putih, serta bertekstur sangat lembut. Jika dikocok dengan mentega putih, campuran ini akan mengembang menjadi 2 kali lipat volume awal, teksturnya juga akan menjadi sangat ringan seperti krim, dan warna buttercream akan putih jadi mengkilat.

Tepung Maizena: Adalah tepung yang berasal dari pati jagung. Tekstur nya halus dan mirip dengan tepung terigu, tapi tepung maizena ini memiliki warna yang lebih pucat. Penggunaan tepung maizena ini tidak boleh berlebihan karena dapat membuat makanan lebih cepat basi dan berjamur.

Tepung Tapioka: Merupakan tepung yang berbahan dasar singkong. Tepung ini memiliki fungsi untuk membuat adonan menjadi lebih liat atau mengental. Tepung tapioka merupakan bahan dasar untuk membuat Cilok.

Baca juga: Cara Membuat Cilok Isi Telur Dadar
Cara Membuat Cilok Kuah Pedas Nikmat
Cara Membuat Cilok Goang Enak dan Pedas
Cara Membuat Cilok Goreng Enak dan Mudah

Mayonnaise: Mayonnaise adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan juga cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich.

Nah itulah beberapa istilah dalam masak-memasak beserta artinya. Dengan mengetahui beberapa istilah diatas, Anda tidak akan lagi bingung atau salah membeli bahan saat berbelanja untuk membuat berbagai makanan.

Baca juga: Resep Oreo Goreng Mudah dan Renyah
Resep Oreo Cheese Cake Special Tanpa di Panggang
Resep Oreo Cheese Cake Kukus Lezat
Resep Oreo Cup Cake Hanya Dengan Dua Bahan Resep Oreo Cake Mudah Hanya Dengan Dua Bahan
Resep Oreo Es Krim Mudah dan Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*