Panduan Menstruasi untuk Anak Perempuan Usia Sekolah Dasar

Panduan menstruasi untuk anak perempuan usia sekolah dasar – Halo para bunda..
Mempunyai seorang putri yang lekas tumbuh besar tentu akan membuat anda semakin extra dalam menjaga dan mendidiknya tentang banyak hal.
Dan tentunya mengenai menstruasi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Disini anda sebagai orangtua tentunya menjadi tempat pertama yang akan memberi tahu panduan menstruasi pada anak anda agar mereka mengetahui tentang perubahan dalam dirinya lebih awal.

Sebagai orang tua tentunya anda adalah orang pertama yang akan mengerti perubahan pada anak anda.
Jelaskan lah secara detail tentang apa yang belum dia ketahui.
Anda dapat mulai menjelaskan panduan menstruasi pada anak bahwa menstruasi adalah proses yang di alami semua perempuan untuk jadi dewasa. Ditandai dengan keluarnya darah. Ini artinya alat reproduksi sudah mulai aktif hingga nantinya siap jadi ibu.

Beritahu juga tentang panduan menstruasi pada anak dan juga siklus menstruasi yang biasanya akan terjadi selama 3-7 hari dan berulang setiap 21 hingga 30 hari. Rata-rata siklus akan berputar sekitar 28 hari, namun setiap orang dapat berbeda.

Katakan pada buah hati anda bahwa proses ini adalah normal dan wajar bila awalnya dia akan merasa malu. Bila darah terus keluar hingga 15 hari maka harus segera pergi ke puskesmas atau klinik untuk di periksa dokter.

Ajari juga bagaimana cara memakai pembalut agar darah tidak bocor. Perlu untuk mengajarinya cara membuang yang benar agar selalu bersih.

Perubahan mood juga akan dialami dan itu wajar karna dipengaruhi oleh reaksi kimia dalam tubuh yang di sebut hormon. Hormon mulai di produksi saat anak menginjak usia puber.

Beritahu juga bahwa saat menstruasi wanita akan mengalami beberapa gangguan fisik dan merasa kurang nyaman seperti kram perut, pusing, kembung dan punggung pegal. Perubahan suasana hati juga dapat terjadi.
Saat menstruasi tubuh juga perlu asupan gizi yang baik.

Sebagai orang tua anda perlu untuk mendampingi dan memberi penjelasan kepadanya agar dia tidak merasa takut dan sedih atas perubahan yang dia alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*