Perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura

Perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura

Perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura – Bila Amerika memiliki Halloween di bulan Oktober, maka orang Tionghoa di Singapura mempunyai Hungry Ghost Festival pada setiap bulan ke tujuh kalender lunar atau 7 bulan setelah Imlek.

Perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura ini juga dikenal dengan Zhong Yuan Jie dalam bahasa Tionghoa.

Pada bulan ke tujuh kalender lunar ini, diyakini jiwa – jiwa orang yang telah meninggal sedang berkelana di bumi.

Menurut adat yang telah berlangsung turun temurun, hantu – hantu ini bisa berbuat kejahatan bila tidak di hiraukan sehingga banyak offering atau penawaran yang di lakukan pada saat bulan Hungry Ghost ini.

Penawaran yang dilakukan oleh kerabat dan keluarga yang telah di tinggal sanak family maupun leluhurnya adalah dengan membakar persembahan seperti uang kertas, mobil, jam tangan, pakaian, rumah, sendal maupun perhiasan kertas yang khusus untuk persembahan dan di bakar oleh kerabat untuk mengirimi jiwa yang telah meninggal agar tenang. Hal ini seperti mengurusi hal – hal materi untuk jiwa yang telah meninggal di akhirat.

Dalam perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura juga banyak orang – orang yang menaruh persembahan makanan seperti jeruk, nasi, atau kue serta dupa di banyak tempat yang seringnya sudah di sediakan namun ada juga yang menaruhnya di sisi jalan maupun dekat dengan pohon besar di jalan.

Perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura juga identik dengan pertunjukan huburan panggung secara live atau “getai” dalam bahasa Tionghoa.



Umumnya di beberapa tempat atau lapangan terbuka seperti di daerah Ang Mo Kio atau Yishun akan di dirikan tenda besar untuk menjadi tuan rumah dan diadakan makan malam.

Pertunjukkan ini juga menampilkan opera maupun lagu – lagu dan tarian serta kisah dewa dan dewi.

Semua orang diperbolehkan untuk ikut menikmati pertunjukan panggung ini namun harus ingat untuk tidak duduk di kursi baris depan.

Umumnya deretan kursi di baris depan akan di kosongkan karena di yakini kursi itu di khususkan untuk “tamu istimewa” atau para jiwa yang sedang berkeliaran di bumi.

Getai adalah pertunjukan yang menjadi andalan pada perayaan Festival Hungry Ghost di Singapura sebagai hiburan populer bagi arwah yang berkeliaran.

Getai masa kini juga sudah semakin berubah seiring berjalannya waktu. Para penyanyi yang mengisi acara tidak hanya membawakan musik atau lagu – lagu tradisional saja tapi juga banyak lagu versi techno yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Anda juga dapat mengunjungi Chinatown untuk lebih mengetahui mengenai festival ini.

Baca juga: Tempat Wisata di Singapura Dekat Marina Bay Sands

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*